fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar

Detail Berita

image
17
Feb

PENINGKATAN DAYA SAING SEKTOR KONSTRUKSI NASIONAL

  • bara_radit@yahoo.co.id

Pemerintah Daerah Provinsi PAPUA atas partisipasi aktif dalam merespon salah satu isu penting  yang saat ini kita hadapi dan benar-benar harus segera kita antisipasi bersama, yaitu Peningkatan Daya Saing Sektor Konstruksi Nasional.

Sektor konstruksi memiliki peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Dengan kontribusi sebesar Rp. 555 Trilyun (10,2%), sektor konstruksi menempati urutan ke-5 dari 9 sektor utama penyumbang PDB Nasional Tahun 2011. Kontribusi tersebut tumbuh dari tahun ke tahun dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 7,9% pertahun.

Sejalan dengan hal tersebut, nilai kapitalisasi sektor konstruksi juga meningkat dari tahun ke tahun. Nilai kapitalisasi konstruksi (pasar konstruksi domestik) pada tahun 2010 diperkirakan sebesar Rp. 244 Trilyun, tahun 2011 sebesar Rp. 260 Trilyun dan tahun 2012 sebesar Rp. 300 Trilyun. Nilai kapitalisasi tersebut berasal dari investasi Pemerintah (APBN dan APBD), investasi BUMN dan BUMD serta swasta nasional dan asing, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun non infrastruktur.

Saat ini ditengarai, terjadinya distorsi pasar konstruksi domestik, dimana 60% dari pangsa pasar konstruksi domestik dikuasai oleh badan usaha kualifikasi besar, termasuk badan usaha jasa konstruksi asing, yang jumlahnya kurang dari 1% dari jumlah badan usaha jasa konstruksi yang ada. Salah satu sebab dari kondisi ini adalah terjadinya asimetri informasi, dimana informasi pasar konstruksi hanya dikuasai oleh pelaku usaha yang dekat dengan pengguna jasa. Penyebab lain adalah, sistem pengadaan jasa konstruksi yang tidak memenuhi kaidah-kaidah persaingan yang sehat.

Memperhatikan uraian-uraian tersebut Badan Pembinaan Konstruksi memandang perlu untuk menyelenggarakan forum konsultasi secara berkelanjutan dalam rangka menyiapkan dan menyepakati upaya bersama untuk mendorong dan memfasilitasi pengembangan pasar konstruksi domestik, melalui peningkatan kompetensi, profesionalisme dan kualitas konstruksi sebagai bagian dari upaya peningkatan daya saing industri konstruksi nasional. Forum tersebut akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan jasa konstruksi, yaitu Tim Pembina Jasa Konstruksi Daerah (TPJKD), para pengguna jasa konstruksi, para penyedia jasa konstruksi, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) serta asosiasi jasa konstruksi.

Sebagai negara yang memiliki potensi besar di sektor konstruksi, kita harus mampu memanfaatkan dan meningkatkan secara maksimal keunggulan sumber daya konstruksi kita agar mampu bersaing dengan pihak asing sehingga kita dapat menguasai pasar konstruksi nasional kita, atau menjadi tuan rumah di negeri sendiri terutama di Provinsi Papua.