fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar

Detail Berita

image
02
Jul

Menteri PU Dan Gubernur Papua Bahas Infrastruktur Jalan

  • Admin

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menerima kunjungan Gubernur Papua Lukas Enembe dan rombongan, Rabu (1/5).  Dalam kunjungannya, Gubernur Papua memaparkan kondisi dan kebutuhan infrastruktur di Kawasan Papua.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PU menjelaskan bahwa Kementerian PU memiliki program strategis di Provinsi Papua. Antara lain penanganan  11 ruas jalan strategis nasional dan strategis provinsi. Yakni Jayapura – Wamena – Mulia , Jayapura Sarmi,  Jayapura – Hamadi – Holtekang Batas PNG dan Merauke Waropko. Selain itu juga, Timika – mapurajaya – Pomako, Nabire – Wagete - Enarotali, Serui – Menawi – Saubeba, Ring Road Jayapura – Sentani, Depapre – Bonggrang, Wamena– Habema – Kenyam, Timika – Potowaiburu – Enarotali. Total keseluruhan jalan sepanjang 3.498,69 km.

Kebutuhan akses jalan memang sangat diperlukan di Provinsi Papua. Namun, mengingat penduduk di daerah tersebut tidak sepadat di Pulau Jawa maka pembangunan infrastruktur dilaksanakan sesuai dengan prioritas. Selain itu, juga terdapat batasan kewenangan terhadap jalan yakni jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan dan pemeliharaan jalan.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PU meminta Gubernur Papua dan jajarannya untuk dapat membuat kawasan permukiman percontohan yang dapat dicontoh oleh kawasan sekitarnya. Sehingga masyarakat dapat hidup nyaman, aman dan berkelanjutan. (ind)

Pusat Komunikasi Publik

010513