fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar
fix bar

Detail Berita

image
02
Jul

KOMITMEN MEMBANGUN TRANS PAPUA

  • Admin

Kementerian Pekerjaan Umum berkomitmen melaksanakan pembangunan Trans Papua yakni jalan nasional sepanjang 3.075 km di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pembangunan tersebut dilaksanakan sesuai dengan 11 prioritas pembangunan trans Papua yakni 7 ruas di Papua dan 4 ruas di Papua Barat.

Dari tinjauan lapangan Wakil Menteri PU Hermanto Dardak beberapa waktu lalu ke Provinsi Papua dan Papua Barat, Kabupaten Jayawijaya dengan panjang jalan 170 km ditetapkan sebagai prioritas pembangunan akses jalan nasional di Papua.

"Ruas jalan dari Distrik Kenyam hingga Habema sampai Wamena adalah prioritas pembangunan akses jalan di Provinsi Papua karena merupakan pusat jalur pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan  adanya jalan tersebut, maka sistem transportasi di derah tersebut dapat multimoda," ujar Hermanto Dardak.

Menurut Hermanto, saat ini ruas jalan kenyam - Habema - Wamena dalam proses pengerjaan. Ditargetkan, pekerjaan fisik fungsional selesai tahun 2011. Dana yang dibutuhkan untuk membangun Jalan Kenyam - Habema - Wamena diperkirakan sekitar Rp 35 miliar dengan rincian Rp 15 miliar dari APBN 2010 danRp 20 miliar dari APBN P 2010. Nantinya pemerintah daerah juga akan membantu pembiayaan dari APBD Provinsi Papua.

Ditambahkannya, pembangunan infrastruktur jalan juga dimaksudkan untuk mendukung klaster-klaster perekonomian yang telah terbentuk seperti di kawasan Wamena, Jayapura serta akses ke perbatasan dan jalur utara ke arah Kirom. Tujuan dibentuknya klaster tersebut untuk memberikan pelayanan mudai dari produksi, pemasaran hingga pusat kota. Dengan demikian harga barang dapat jauh lebih murah. (ind)

Pusat Komunikasi Publik
041010